Saturday, 3 December 2022

Bhabinkamtibmas Desa Talunombo Polsek Sapuran Berikan Pelatihan Kepada Linmas

Must Read

Wonosobo – Pemerintah desa Talunombo bekerja sama dengan Babinsa Koramil Sapuran Kodim 0707 dan Bhabinkamtibmas Polsek Sapuran  mengadakan giat  apel siaga dan latihan PPB anggota Linmas beserta perangkat desa, Rabu (3/8/22).

Linmas sendiri sangat berperan penting didalam menjaga perlindungan masyarakat di wilayah sekitarnya, selain itu banyak warga yang hanya melihat linmas atau sering mereka sebut dengan Hansip yaitu suatu tugas untuk pertahahan sipil saja.

Agar Linmas memiliki kapasitas yang baik di dalam menjalankan tugas menjaga ketentraman wilayah, Desa Talunombo mengadakan sebuah pelatihan Pembinaan Linmas selama satu hari yaitu tanggal 3 Agustus 2022 yang bertujuan memberikan pemahaman dibidang pengamanan dan pertahanan guna menghadapi HUT Kemerdekaan Indonesia ke 77 maupun kegiatan-kegiatan lain kedepannya. Pelatihan dan pembinaan tersebut dilakukan di lapangan Desa Talunombo.

Pengertian Satuan Perlindungan Masyarakat dapat ditemukan pada Peraturan menteri Dalam Negeri Nomor 10 Tahun 2009 tentang Penugasan Satuan Perlindungan Masyarakat Dalam Penanganan Ketenteraman, Ketertiban, Dan Keamanan Penyelenggaraan Pemilihan Umum pada pasal 1 butir 1 yaitu : Satuan Perlindungan Masyarakat yang selanjutnya disebut Satuan Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan.

Kegiatan Pelatihan tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Desa Talunombo Badarudin diikuti oleh para anggota Linmas Desa Talunombo sebanyak 27 orang. Adapun pelatih yaitu babinsa Koramil Sapuran serta Bhabinkamtibmas Desa Talunombo Polsek Sapuran Aipda Sandi Hariyanto.

Dalam sambutan nya, Badarudin menyampaikan  “kegiatan ini dilaksanakan untuk menanamkan idiologi dan wawasan kebangsaan terutama kepada anggota Linmas dan Perangkat Desa serta cek kekuatan anggota Linmas menjelang HUT RI yang ke 77. Karena akan banyak kegiatan di desa maupun tingkat kecamatan yang memerlukan pengamanan dan keikutsertaan anggota Linmas”.

“Tujuan dari diadakan pelatihan ini juga untuk memberikan ilmu tentang pengamanan dan pertahahanan di wilayah. Misalnya dalam proses menciptakan kondisi yang aman dan nyaman, meskipun diwilayah Desa Talunombo merupakan wilayah yang aman, nyaman dan kondusif setiap ada acara di Desa. Tetapi guna untuk mengantisipasi kedepannya maka perlunya diadakan pelatihan dan pembinaan Linmas agar sigap dalam masalah lainnya misalnya jika diwilayah ada tindakan kriminal dan dapat tertangani secepatnya” tutur Kepala Desa pada sambutan Pelatihan dan pembinaan Linmas

Pada pelatihan dan pembinaan linmas diberikan beberapa materi yang terkait dengan pengamanan, pertahanan, ketertiban, dan aspek-aspek dalam mengatasi masalah tindakan kriminal maupun non kriminal diwilayah masing-masing. Materi sosialisasi undang-undang dan tugas atau peranan Linmas oleh bapak Aipda Sandi Hariyanto selaku narasumber dan Bhabinkamtibmas Desa Talunombo.

Aipda Sandi Hariyanto mengatakan “Sebagai seorang Linmas wajib memiliki jiwa dan semangat dalam melindungi wilayahnya agar selalu aman dan nyaman dan membantu Bhabinkhamtibmas dan Babinsa dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban di wilayah, saling bersinergi antara masyrakat sipil dengan POLRI dan TNI. Karena kenyamanan dan ketertiban merupakan kunci utama dalam bermasyarakat agar tidak menimbulkan perselisihan dan konflik satu sama yang lainnya”

Selain sosialisasi mengenai perlindungan dan ketertiban, peserta juga mendapatkan ilmu pelatihan dasar PBB oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

“Gerakan PBB merupakan suatu gerakan yang dapat menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa disiplin dan rasa tanggung jawab. Selain itu Gerakan PBB menumbuhkan rasa disiplin itu mengutamakan kepentingan tugas diatas kepentingan pribadi dan rasa tanggung jawab adalah keberanian untuk bertindak yang mengandung resiko terhadap dirinya, tetapi menguntungkan tugas dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat merugikan. Maka sikap tersebut diperlukan oleh seorang Linmas” tutur Serda Tugimin selaku Babinsa Desa Talunombo. (JK)

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Evakuasi Tanah Longsor, Polsek Selomerto bersama Koramil dan Warga Gotong Royong

Curah hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Wonosobo selama beberapa hariini mengakibatkan longsor di tiga titik di kecamatan Sapuran...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img