Friday, 29 March 2024

Satlantas Polres Wonosobo Tindak 870 Kendaraan Selama OKLC

Must Read

Tercatat 870 kendaraan telah ditindak selama pelaksanaan OKLC yang dimulai sejak 7 Februari 2023 lalu. Menurut data dari Satlantas Polres Wonosobo, 870 tilang tersebut berasal dari pelanggaran yang bervariasi.
Menurut Kasat Lantas, AKP Ragil Irawan, mayoritas pelanggaran didominasi oleh pelanggaran sepeda motor yaitu tidak menggunakan helm SNI.
“287 pelanggar tidak menggunakan helm SNI saat berkendara, selebihnya bervariasai seperti melawan arus, melebihi batas kecepatan, berkendara di bawah umur, berboncengan lebih dari 1 orang, knalpot brong, TNKB tidak sesuai, kendaraan over dimensi dan over loading serta pelanggaran lain,” ungkapnya.
Pelanggaran penggunaan knalpot tidak sesuai atau brong, berkendara di bawah umur dan kendaraan over dimensi over load juga mengalami kenaikan dibanding tahun lalu.
“Sejak 7 Februari lalu hingga 12 februari 2023 sudah ada 52 kendaraan ditindak karena over dimensi, hal tersebut tentu sangat membahayakan pengendara lain,” lanjut AKP Ragil.
Dari data juga ditemukan 70 pengendara di bawah umur telah ditindak selama 6 hari pelaksanaan OKLC. Pihak Satlantas menghimbau kepada masyarakat utamanya para orang tua untuk tidak mengijinkan anak di bawah umur mengendarai kendaraan bermotor sendiri.
“Jangan biarkan anak-anak kita yang belum cukup umur mengendarai kendaraan bermotor sendiri, selain belum memiliki KTP dan SIM, anak di bawah umur cenderung belum memiliki kestabilan dan keterampilan dalam berkendara sehinga berbahaya,” jelas Kasat Lantas.
Lebih lanjut Kasat Lantas menghimbau seluruh masyarakat untuk taat aturan saat berkendara, bukan hanya saat pelaksaanaan OKLC namun juga setiap hari saat beraktivitas dengan kendaraan bermotor.
“Taati aturan lalu lintas yang ada, keselamatan berlalu lintas yang utama dan pertama,” pungkas AKP Ragil.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Gudang Peralatan Pertanian Di Mojotengah Terbakar

Sebuah gudang peralatan pertanian milik Sutrimo warga Dusun Surogaten, Desa Sojopuro, Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo habis terbakar pada Rabu,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img