Thursday, 18 April 2024

Bangun Kesadaran Hidup Higienis, TNI-Polri Bangun 300 Jamban Untuk Warga Wadas

Must Read

Bangun Kesadaran Hidup Higienis, TNI-Polri Bangun 300 Jamban Untuk Warga Wadas

Lurah Wadas : Wadas Adem ayem, Terima Kasih TNI-Polri atas Bantuan 300 Jamban dan Sumur Bor

PURWOREJO – Kegiatan Bakti sosial TNI-Polri di Wadas Purworejo terus berlanjut. Hal ini dilakukan dalam rangka Harkamtibmas dan mencairkan komunikasi antara warga pro dan kontra penambangan andesit di kawasan tersebut.

Lebih dari itu, TNI-Polri juga berupaya untuk meningkatkan wawasan dan kesadaran warga termasuk dalam bidang kesehatan.

Berdasar pengamatan, saat ini warga Wadas banyak yang belum menggunakan cara higienis ketika buang air besar sehingga pembuatan jamban keluarga menjadi prioritas kegiatan bakti sosial TNI-Polri.

Terkait kegiatan bakti sosial TNI-Polri di Wadas, Kabidhumas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy menjelaskan bahwa TNI-Polri berusaha mendorong taraf hidup warga Wadas dalam banyak aspek.

“Kegiatan yang dilakukan TNI-Polri dalam rangka Harkamtibmas dilaksanakan dengan menyentuh aspek psikologis maupun aspek fisik kehidupan warga. Setelah Psikoedukasi, baksos dan perbaikan sarana ibadah, Saat ini kita fokuskan untuk mengajak warga untuk sadar kebersihan dan kesehatan,” ungkap Kabidhumas, Kamis (17/2) sore.

Adapun upaya yang dilakukan saat ini adalah membangun ratusan jamban bagi warga Wadas.

“Target 300 jamban kita bangun untuk desa Wadas. Kegiatan dipimpin Kapolsek dan Danramil Kecamatan Bener,” tambah Kabidhumas.

Diungkapkan, kegiatan pembangunan jamban untuk warga atau jambanisasi kali ini melibatkan 45 personil dari Polres dan Kodim Purworejo.

“Adapun sasaran giat bakti sosial hari ini ada di dusun Kaliawis, Kalimanggis dan Mberan Desa Wadas,” terangnya.

Kabidhumas menjelaskan kegiatan Harkamtibmas pada dasarnya merupakan kegiatan rutin yang dilakukan aparat. Sifat kegiatan Harkamtibmas sangat fleksibel dan bertujuan utama untuk memelihara stabilitas kamtibmas dan ketentraman warga.

“Baksos, silaturahmi dan jambanisasi merupakan bagian dari upaya TNI-Polri untuk memelihara kondusifitas dan ketentraman warga, termasuk masyarakat desa Wadas. Diharapkan situasi Wadas menjadi lebih kondusif, silaturahmi warga pro dan kontra dapat segera akrab seperti semula,” ungkapnya.

Sementara Kades Wadas, Fahri Setyanto, menyambut baik kegiatan baksos TNI-Polri ini. Dirinya menilai kehadiran baksos TNI-Polri membawa nilai positif yang luar biasa bagi warga Wadas.

“Melalui baksos dan perbaikan sarana ibadah yang dilakukan TNI dan Polri, kehidupan warga Wadas menjadi lebih baik. Apalagi saat ini ada program pembangunan 300 jamban.

“Mewakili warga, saya mengucapkan banyak terimakasih TNI Polri yang sudah bangunkan 300 Jamban dan Sumur Bor di desa kami” ungkap Fahri

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Tim Raimas Polres Wonosobo Berhasil Amankan Balon Udara Ilegal di Dusun Capar

Pada hari Selasa (16/04), Tim Raimas Polres Wonosobo berhasil menggagalkan rencana penerbangan sejumlah balon udara ilegal di Dusun Capar,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img