Tuesday, 6 December 2022

Gelar Rakor Penanganan PMK, Polres Wonosobo Siap Tangani Wabah PMK 

Must Read

Polres Wonosobo menggelar rapat koordinasi dengan intansi dan dinas terkait dalam rangka penanganan wabah Penyakit Mulut dan Kuku hewan ternak pada Selasa (17/5).

Bertempat di ruang rapat Polres Wonosobo, rapat dihadiri Dandim 0707 Wonosobo, Bupati Wonosobo yang diwakili Staf ahli bidang ekonomi dan keuangan, Kadin Pangan, Pertanian dan Perikanan, Kabid Peternakan dan kesehatan hewan, perwakilan Dinas Kesehatan, pejabat utama Polres Wonosobo dan para Kapolsek jajaran Polres Wonosobo serta peserta undangan.

Kapolres Wonosobo, AKBP Eko Novan, dalam sambutannya menuturkan bahwa rapat koordinasi ini sebagai bentuk deklarasi bahwa Wonosobo siap melaksanakan penanganan PMK.

“Rakor ini sebagai deklarasi kesiapan Polres Wonosobo dan dinas-dinas terkait dalam menangani wabah PMK di Indonesia khususnya Wonosobo,” ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga menuturkan akan berkolaborasi dengan Pemda dan Kodim 0707 dalam penanganan PMK. Salah satunya adalah dengan pendataan dan aktif memeriksa kesehatan hewan ternak.

“Akan dibentuk tim khusus untuk melakukan sosialisai dan pendataan yang langsung turun ke masyarakat melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas,” lanjutnya.

Kapolres menambahkan, sejauh ini berdasarkan uji sampel yang dilakukan di Wonosobo terdapat dua ekor domba yang terindikasi terjangkit PMK.

“Namun data tersebut merupakan data dinamis dan masih bisa berubah mengingat uji sampel baru dilakukan pada sebagian kecil hewan ternak di Wonosobo,” ungkap AKBP Eko Novan.

Lebih lanjut dirinya menuturkan akan terus melakukan langkah pencegahan dengan pendataan dan pengecekan bersama dengan seluruh instansi terkait. Selain itu, baik babinsa maupun bhabinkamtibmas akan bergerak aktif melakukan sosialisasi agar masyarakat paham dan tidak panik terkait wabah PMK.

Bahkan bila diperlukan, lanjut Kapolres, pihaknya akan memerintahkan anggota Satlantas untuk aktif melaksanakan patroli dan pengecekan mobil-mobil pengangkut hewan ternak. Pihaknya mengaku juga akan membentuk posko agar masyarakat bisa aktif melaporkan bila ada ternak yang terindikasi PMK.

“Akan kami bentuk tim khusus untuk menyosialisasikan dan mendata hewan ternak yang masuk maupun yang ada di Wonosobo, selain itu langkah penyemprotan disinfektan pada hewan ternak juga akan terus kami lakukan bersama instansi terkait,” pungkasnya. (mega hms)

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Bhabinkamtibmas Sosialisasikan Bahaya Sikap Intoleransi

Sikap intoleransi dapat menimbulkan konflik sosial dan adanya perpecahan antara suku, rasa dan budaya. Menanggapi hal tersebut bhabinkamtibmas Polres Wonosobo...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img