Tuesday, 16 April 2024

Bhabinkamtibmas Desa Gumelar Polsek Wadaslintang Pantau Ternak Warga Cegah Merebaknya PMK

Must Read

Bhabinkamtibmas Desa Gumelar Polsek Wadaslintang Brigadir Nursholeh sambangi peternak, memastikan domba maupun sapi terbebas dari penyakit kulit dan kuku, yang sedang merebak di Jawa Tengah.

Dalam menanggulangi dan mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan, Bhabinkamtibmas Desa Gumelar Polsek Wadaslintang melakukan sosialisasi kepada pemilik ternak. Senin (23/5/2022)

Adapun peternak yang di sambangi oleh Brigadir Nursholeh antara lain Rumah Milik Bpk. Budi peternak kambing yang beralamat di desa Gumelar Kecamatan Wadaslintang, dengan jumlah ternak sebanyak 25 Kambing. selanjutnya ternak milik Bpk. Handoko di Desa Gumelar Kecamatan Wadaslintang, dengan Jumlah ternak  2 ekor Sapi. Dan ternak milik Bpk. Subanto di Desa  Gumelar Kec. Wadaslintang, dengan Jumlah 4 ekor sapi. Brigadir Nursholeh mengatakan bahwa sosialisasi dilakukan kepada pemilik ternak baik sapi, kerbau maupun kambing. Hal ini dilakukan untuk mencegah dan menanggulangi PMK pada hewan. Brigadir Nursholeh menyampaikan sosialisasi, diantaranya, pertama kebersihan kandang (untuk pencegahan membuat cairan disinfektan sendiri berupa cairan yg sudah di oplos dengan komposisi asam cuka, sitrun, byclean yang kemudian disemprotkan ke sekitaran kandang), kedua pisahkan hewan ternak yang sakit (yang sudah terjangkit) dengan hewan ternak yang lainnya, ketiga memberikan informasi kepada Bhabinkamtibmas jika hewan peliharaannya sakit seperti terkena PMK yaitu mulut dan hidungnya mengeluarkan lendir dan kukunya luka dll, keempat harus selektif jika ingin menambah hewan peliharaannya yang dibeli dari luar (belilah hewan ternak dari luar yang sehat). Lebih lanjut Brigadir Nursholeh menegaskan dari hasil pemantauan yang dilakukan tidak ditemukan adanya PMK pada hewan ternak yang ada di warga desa binaannya. Brigadir Nursholeh berharap agar masyarakat tak panik dalam menghadapi PMK karena penyakit ini tidak berbahaya bagi manusia. Begitu pula bagi para peternak, Brigadir Nursholeh memastikan pemerintah akan menyediakan obat-obatan dan vitamin bagi hewan ternak yang teridentifikasi PMK. (JK)
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Lakukan Patroli Di Objek Wisata, Subsatgas Pam Obvit Himbau Masyarakat Selalu Waspada

Subsatgas Pam Obvit Polres Wonosobo melaksanakan patroli ke sejumlah tempat wisata pada Selasa (16/4). Kegiatan patroli tersebut bertujuan untuk...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img