Friday, 29 March 2024

Polres Wonosobo Gelar Pelatihan Investigative Interviewing Bagi Penyidik

Must Read

Kapolres Wonosobo, AKBP Eko Novan, terjun langsung menyampaikan materi dalam pelatihan Investigative Interviewing pada sejumlah anggota Polres Wonosobo pada Jumat (16/9) lalu.

Pelatihan tersebut sudah dilaksanakan sejak Selasa 13 September lalu di ruang rapat Mapolres setempat. Menurut Kapolres, pelatihan ini mencakup tentang tata cara melakukan pemeriksaan terhadap tersangka, korban maupun saksi dengan teknik investigative interviewing.

“Nantinya, kami akan membentuk tim khusus untuk melaksanakan teknik pemeriksaan ini, dalam satu tim akan terdiri dari satu interviewer, adviser dan satu orang writer,” ungkap Kapolres.

Teknik wawancara ini dinilai mampu menghasilkan keterangan tersangka, korban dan saksi yang murni dan tanpa kekerasan.

Pelatihan tersebut diikuti oleh kurang lebih 60 personel yang terdiri dari Kanit Reskrim Polsek, penyidik Sat Reskrim dan sejumlah perwakilan personel dari bagian, satuan maupun seksi.

Melalui pelatihan ini, Kapores berharap para penyidik, utamanya, bisa menerapkan teknik pemeriksaan ini. Selain tanpa kekerasan, penyidik yang fokus mendengar keterangan terperiksa akan lebih mudah menemukan sesuatu yang bisa membantu lancarnya proses pengungkapan sebuah kasus.

Kapolres menambahkan, dalam wawancara investigasi ini, akan disediakan ruangan khusus dengan sofa dan kaca satu arah, untuk menambah kenyamanan dan menjaga proses wawancara dari interupsi pihak luar yang akan mengurangi kefokusan proses pemeriksaan.

“Meski sulit karena ini merupakan hal baru, namun saya yakin para penyidik Polres Wonosobo bisa menerapkan teknik ini meski belum ada ruangan khusus, setidaknya paham dulu tekniknya,” lanjut Kapolres.

Seluruh materi selama 3 hari pelatihan disampaikan langsung oleh Kapolres, selain materi, Kapolres juga memberikan kesempatan anggota untuk praktek langsung pemeriksaan dengan teknik investigative interviewing. Menurut Kapolres, seluruh materi yang disampaikan ia dapat saat menjalani study di luar negeri.

“Teknik investigative interviewing ini telah diterapkan oleh polisi di berbagai negara di dunia, saya juga berharap hal positif seperti ini juga bisa diterapkan di Polres Wonosobo,” pungkasnya.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Gudang Peralatan Pertanian Di Mojotengah Terbakar

Sebuah gudang peralatan pertanian milik Sutrimo warga Dusun Surogaten, Desa Sojopuro, Kecamatan Mojotengah Kabupaten Wonosobo habis terbakar pada Rabu,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img