Monday, 6 February 2023

Polres Wonosobo Laksanakan Operasi Lilin Candi 2022

Must Read

Polres Wonosobo melaksanakan pengamanan dalam Operasi Lilin Candi 2022 jelang peringatan Natal dan Tahun Baru 2023. Apel gelar pasukan dilaksanakan di alun-alun Kabupaten Wonosobo, Kamis (22/12/2022).

Apel dipimpin langsung oleh Bupati Wonosobo, H. Arif Hidayat, S. Ag., yang juga turut dihadiri oleh Forkopimda, personel dari Polres, Kodim 0707, Dishub, Satpol PP dan sejumlah organisasi masyarakat.

Dalam amanat Kapolri yang dibacakan, Bupati menyampaikan bahwa Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian.

“Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19,” ungkap Bupati.

Meski pemerintah memberikan kelonggaran dalam momen Natal dan Tahun Baru ini, namun Bupati tetap menghimbau masyarakat untuk menjaga dan menerapkan protokol kesehatan.

Operasi Lilin Candi 2021 akan dilaksanakan selama 11 hari, mulai dari tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan tanggal 2 Januari 2023. Operasi ini akan dilaksanakan dengan mengedepankan kegiatan secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

Sementara itu, Kapolres Wonosobo, AKBP Eko Novan Prasetyopuspito, S.I.K., M. Si., menyampaikan bahwa dalam rangka menciptakan suasana kondisif dalam perayaan Natal dan Tahun Baru, personel Polres akan ditempatkan di sejumlah pos pengamanan dan sejumlah gereja. Beberapa pos tersebut antara lain pos pelayanan di alun-alu Wonosobo, pos pengamanan di simpang tiga Dieng dan pos pengamanan di simpang empat Kertek.

“Selain di pospam yang sudah disiapkan, kami juga menempatkan personel Polres Wonosobo di setiap gereja Kabupaten Wonosobo guna memberi kenyamanan dan rasa aman saat masyarakat melaksanakan ibadah Natal nanti,” ungkap Kapolres.

Lebih lanjut Bupati juga menghimbau kepada personel yang akan melaksanakan pengamanan Nataru agar selalu menjaga sinergitas dan keselamatan diri.

“Jadikan tugas pengamanan ini sebagai ladang ibadah itu sendiri, jaga soliditas dan sinergitas antar instansi dan utamakan keselamatan serta kesehatan dalam melaksanakan tugas,” lanjut Bupati.

Kapolres menambahkan, usai pelaksanaan Operasi Lilin Candi 2022, kegiatan kepolisian yang ditingkatkan akan terus dilaksanakan hingga 9 Januar 2023. Dengan berbagai upaya pencegahan dan pengamanan, pihaknya berharap perayaan Natal dan tahun baru di Kabupaten Wonosobo dapat berjalan dengan nyaman dan kondusif.

“Selamat menjalankan tugas dengan semangat dan ikhlas untuk seluruh personel Polri, TNI, Dishub, Satpol maupun ormas-ormas dan selamat merayakan Natal dengan khidmat dan menyambut tahun baru dengan sukacita untuk masyarakat Wonosobo,” pungkas Bupati.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Cegah Bahaya Radikalisme, Kapolsek Garung Lakukan Patroli Dialogis

Bahaya sikap Radikalisme sudah menjadi perhatian khusus pemerintah karena dapat menggangu stabilitas negara. Menanggapi hal tersebut Polres Wonosobo terus...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img