Friday, 19 July 2024

HUT Satpam ke-42 Digelar di Polres Wonosobo

Must Read

Polres Wonosobo menggelar upacara peringatan hari ulang tahun Satuan Pengamanan (Satpam) ke-42 tahun 2023. Upacara tersebut dilaksanakan di halaman Mapolres Wonosobo pada Senin, 30 Januari 2023 dengan tema “Sinergitas Satpam dan Polri Peduli untuk Sesama”.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh sejumlah perwakilan perusahaan swasta, seperti Rita Swalayan, TRIO Swalayan, PT. Tirta Investama (Aqua). BRI, BPD, Bank Surya Yudha, 1 pleton Satpam, 1 pleton Forum Kemitraan Polri dan Masyarakat (FKPM) Gondang Watumalang serta sejumlah personel Polres Wonosobo.

Kapolres Wonosobo, AKBP Eko Novan Prasetyopuspito, S.I.K., M. Si., dalam amanatnya menyampaikan ucapan terimakasih atas kinerja rekan-rekan Satuan Pengamanan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat di Kabupaten Wonosobo.

“Kehadiran Satpam merupakan kepanjangan tangan Polri yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungannya secara swakarsa guna mencegah terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban,” ungkapnya.

Polri menyadari dengan keterbatasan personel, sarpras maupun anggaran, lanjutnya, tidak akan mampu mewujudkan kamtibmas utamanya di lingkungan industri, perusahaan, perkantoran, tempat pariwisata maupun obyek vital lain.

Menurut Kapolres, dalam hal itulah kinerja rekan-rekan satpam sangat dibutuhkan untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di lingkungan kerjanya.
Menyadari hal tersebut, peningkatan peran dan pembinaan Satpam sebagai pengamanan swakarsa menjadi salah satu kegiatan dalam program Transformasi Menuju Polri yang presisi.

“Peningkatan peran aktif pam swakarsa terlihat dari jumlah BUJP dan personel Satpam yang terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, pada tahuun 2022 jumlah personel Satpam naik sebanyak 5% dibanding tahun 2021,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres juga menyerahkan piagam penghargaan kepada Satpam yang berhasil memenangkan lomba voli dalam Piala Kapolda beberapa waktu lalu.
Lebih lanjut Kapolres berharap Satpam harus senantiasa berpegang teguh terhadap nilai, norma, dan etika yang baik pada setiap pelaksanaan tugas.

“Junjung tinggi kode etik profesi Satpam dimanapun berada, tanamkan bahwa fungsi Kepolisian terbatas non yustisiil yang diberikan kepada rekan-rekan merupakan sebuah kehormatan yang harus selalu dijaga karena kehadiran satpam juga merupakan representasi kehadiran Polri di lapangan,” pungkasnya.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Satlantas Polres Wonosobo Gencar Berikan Edukasi Keselamatan Berlalu Lintas di SMK N1 Wonosobo

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Wonosobo, yang dipimpin oleh Ipda Hariyanto, S.H., Kanit Kamsel Satlantas Polres Wonosobo, semakin gencar...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img