Sunday, 19 May 2024

11 Bintara Remaja Polres Wonosobo Jalani Pembinaan Tradisi

Must Read

Sebanyak 11 bintara remaja penempatan di Polres Wonosobo menjalani pembinaan tradisi dan pembaretan pada Sabtu (18/03). Kegiatan jalan jauh tersebut dilepas langsung oleh Kapolres Wonosobo, AKBP Eko Novan, setelah sebelumnya para bintara remaja tersebut menginap di kawasan Sikunir, Kejajar.

Kapolres menuturkan kegiatan ini bertujuan agar para bintara remaja mengenal wilayah Wonosobo. Sebelumnya, kesebelas bintara remaja tersebut juga telah menjalani masa persiapan dan latihan selama kurang lebih 2 bulan untuk mempersiapkan pembinaan tradisi ini.

“Manfaatkan kegiatan ini untuk mengenal wilayah tugas kalian, lakukan dengan senang hati dan tetap jaga kesehatan hingga finish di Mapolres nanti,” ujar Kapolres.

Selain pengenalan wilayah, kegiatan pembinaan tradisi tahun ini sedikit berbeda. Sebelum melakukan jalan jauh atau long march, para bintara remaja diajak berkemah di sekitar telaga Cebong, Sikunir sejak Jumat malam sebelumnya.

“Tidak hanya jalan jauh, namun malam sebelumnya para bintara remaja juga diajak berkemah dan melakukan berbagai kegiatan seperti renungan suci, alarm stealing atau panggilan luar biasa untuk melatih kesigapan dan berbagai kegiatan positif lain,” lanjut Kapolres.

Melalui prosesi pembinaan tradisi ini diharapkan bisa membentuk mental dan fisik para bintara remaja untuk menghadapi tantangan tugas yang berat kedepannya.

Dari rute kurang lebih 24,7 kilometer yang melewati perkampungan, persawahan hingga air terjun Sikarim telah disediakan 5 pos di tempat berbeda. Di setiap pos para bintara remaja akan menerima penjabaran singkat materi dan praktek tentang berbagai ilmu Kepolisian sambil beristirahat sejenak.

Pembinaan tradisi ditutup dengan upacara pembaretan yang dilaksanakan di Polres Wonosobo. Dalam upacara tersebut seluruh bintara remaja dipakaikan baret sebagai simbol telah resmi bergabung sebagai anggota Polres Wonosobo.

“Selamat kepada adik-adik yang telah berhasil menyelesaikan pembinaan tradisi ini dengan sehat dan lancar, selanjutnya saya ucapkan selamat bergabung di Polres Wonosobo segera menyesuaikan diri dan jadilah Polri yang senantiasa melindungi serta mengayomi masyarakat,” pungkas Kapolres. (mega hms)

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Siswa TK Pertiwi Kertek Diberi Pengenalan Profesi Polisi dan Pembinaan Anti-Narkoba di Polres Wonosobo

Sebuah kunjungan edukatif di Polres Wonosobo menghadirkan momen berharga bagi siswa-siswi TK Pertiwi Kertek, yang didampingi oleh para guru...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img