Thursday, 16 May 2024

Selama Operasi Patuh 2023 Polres Wonosobo Menindak 1.811 Pelanggar

Must Read

Wonosobo – Operasi Patuh Candi 2023 yang digelar oleh jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Wonosobo telah berhasil menindak sebanyak 1.811 pelanggaran selama 14 hari pelaksanaan, mulai dari tanggal 10 hingga 23 Juli 2023. Operasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pengendara terhadap aturan lalu lintas, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran di wilayah Wonosobo.

Dari total 1.811 pelanggaran yang ditindak, rincian penindakannya adalah sebagai berikut:

  1. 1.000 pelanggaran dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE): Teknologi ETLE berperan penting dalam mendeteksi dan menindak pelanggaran lalu lintas dengan menggunakan kamera CCTV yang terpasang di beberapa titik strategis di kota. Sistem ini memungkinkan identifikasi pelanggaran, seperti melanggar lampu merah, pelanggaran lajur, dan kecepatan melebihi batas maksimum.
  2. 526 penindakan dengan tilang manual: Tilang manual dilakukan oleh petugas polisi lalu lintas secara langsung dengan mencatat pelanggaran yang terjadi dan memberikan surat tilang kepada pelanggar. Jenis pelanggaran yang ditindak dengan tilang manual umumnya melibatkan pelanggaran seperti tidak menggunakan helm, tidak menggunakan sabuk pengaman, atau tidak memiliki dokumen kendaraan.
  3. 285 teguran: Teguran diberikan kepada pengendara yang melanggar peraturan lalu lintas ringan atau masih dalam kategori kesalahan minor yang tidak memerlukan proses tilang. Teguran tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pengendara agar lebih mematuhi peraturan lalu lintas dan menjadi pengingat untuk tidak mengulangi pelanggaran di masa mendatang.

Kasat Lantas Polres Wonosobo, AKP Ragil Irawan, S.H., menyatakan kepuasannya atas hasil operasi ini. “Operasi Patuh Candi 2023 ini telah memberikan dampak positif dalam menciptakan disiplin berlalu lintas di wilayah Wonosobo. Kami akan terus berkomitmen untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan berlalu lintas guna melindungi masyarakat serta mengurangi angka kecelakaan,” ujar AKP Ragil.

Operasi Patuh Candi yang telah berjalan dengan sukses ini merupakan bagian dari upaya Polres Wonosobo untuk mewujudkan tata tertib berlalu lintas yang baik dan mendorong kesadaran masyarakat tentang pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas. Diharapkan, kesadaran dan kepatuhan pengendara terhadap aturan lalu lintas akan terus meningkat, sehingga keamanan berlalu lintas di wilayah Wonosobo semakin terjaga dengan baik.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Personel Polres Wonosobo Ikuti Sosialisasi Dan Penyuluhan Hukum Oleh Bidkum Polda Jateng

Personel Polres Wonosobo mengikuti kegiatan sosialisasi dan penyuluhan hukum yang diselenggarakan oleh Bidang Hukum (Bidkum) Polda Jawa Tengah pada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img