Sunday, 28 April 2024

Satlantas Polres Wonosobo Gelar Sosialisasi Larangan Knalpot Brong di Sejumlah Bengkel

Must Read

Satuan Lalu Lintas Polres Wonosobo melaksanakan sosialisasi terkait penggunaan knalpot brong kepada pemilik bengkel variasi yang menjual atau menyediakan jasa pemasangan. Kegiatan tersebut dilakasanakan pada Kamis (4/1/2024) di sejumlah bengkel di sekitar Wonosobo.

Kapolres Wonosobo, AKBP Donny Sardo melalui Kasat Lantas Iptu Edi Nugroho mengatakan dalam sosialisasi kali ini bengkel dan toko sparepart penjual knalpot diminta membantu menegakkan peraturan dan tata tertib lalu lintas dengan tidak menjual knalpot brong atau racing lagi.

“Penggunaan knalpot brong sangat mengganggu kenyamanan dan meresahkan masyarakat. Jadi dengan adanya sosialisasi ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran para pemilik toko Sparepart dan bengkel untuk tidak menjual serta memakaikan knalpot brong lagi kepada masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, pemakaian knalpot terhadap kendaraan ada aturannya. Menggunakan knalpot tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan termasuk knalpot brong/racing, bisa mendapatkan sanksi pidana atau denda sesuai Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Jalan, Pasal 285 ayat (1) mengatur tentang persyaratan teknis dan laik jalan yang tidak memenuhi standar.

Dalam ketentuan tersebut terdapat sejumlah aturan tentang syarat teknis kendaraan salah satunya adalah larangan penggunaan knalpot bising/bogar/brong.

“Kami menghimbau kepada seluruh warga masyarakat untuk mendukung penertiban dan penegakan hukum terhadap pelanggaran knalpot Brong yang dilakukan oleh Polri, karena keberadaan knalpot Brong betul-betul sangat meresahkan masyarakat,” pungkasnya.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Menjelang Pilkada, Polres Wonosobo turut serta dalam acara penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah

Polres Wonosobo turut serta dalam acara penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah yang bertujuan untuk meningkatkan pengamanan bagi Bupati dan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img