Sunday, 19 May 2024

Polres Wonosobo Siapkan Langkah Antisipasi Kemacetan Jalur Wisata Dieng

Must Read

Polres Wonosobo telah menyiapkan langkah antisipasi untuk kelancaran arus lalu lintas di jalur Dieng selama libur Lebaran. Salah satu upayanya adalah dengan menyediakan mobil derek dan ganjal ban di beberapa titik rawan macet.

Kapolres Wonosobo melalui Kasat Lantas, Iptu Edi Nugroho, S.Tr.K., S.I.K., menuturkan bahwa hal ini dilakukan karena jalur Dieng terkenal dengan tanjakan yang curam, sehingga seringkali mobil tidak kuat menanjak.

“Mobil derek dan ganjal ban ini diharapkan dapat membantu kendaraan yang mogok atau mengalami kesulitan saat menanjak, nantinya peralatan bantuan ini akan disiagakan di gardu pandang,” jelasnya.

Lokasi gardu pandang, lanjut Kasat Lantas, merupakan jalur yang terkenal dengan tanjakan 15%. Tanjakan tersebut relatif tidak tinggi namun panjang dan cenderung berkelok, sehingga seringkali mobil wisatawan mogok di tanjakan tersebut.

“Pengalaman dari tahun-tahun sebelumnya, banyak kendaraan yang tidak kuat menanjak saat melewati tanjakan 15%, umumnya wisatawan tidak paham medan dan kurang persiapan, tidak menggunakan gigi rendah sehingga seringkali mogok,” ungkapnya.

Selain itu, Satlantas Polres Wonosobo juga menyiagakan personel gabungan dari Satlantas maupun Polsek Kejajar untuk mengurai kemacetan. Personel tersebut akan ditempatkan di beberapa titik strategis, seperti di persimpangan jalan dan tanjakan.

Dari pantauan personel pengamanan yang berada di sepanjang jalur menuju Dieng, mulai Jumat (12/4/2024) telah terjadi kenaikan arus lalu lintas. Wisatawan lokal maupun dari luar wilayah, sudah mulai berdatangan untuk berwisata di kawasan Dieng.

“Oleh sebab itu, mulai hari ini kami menyiagakan personel dan peralatan bantuan untuk mengantisipasi adanya mobil mogok yang tidak kuat menanjak,” lanjut Kasatlantas.

Kasat Lantas menghimbau kepada wisatawan yang hendak mengunjungi Dieng untuk selalu memastikan kendaraan dalam kondisi prima, gunakan gigi rendah dan matikan AC saat menanjak, jangan membawa muatan berlebih serta selalu patuhi peraturan lalu lintas.

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman, Kapolres Wonosobo juga telah menyiagakan personel di Pos Pengamanan yang terletak di terminal Dieng. Selain pengamanan, personel yang bertugas juga aktif melaksanakan patroli jalan kaki dan patroli Roda 2 di lokasi-lokasi wisata.

- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img

Latest News

Siswa TK Pertiwi Kertek Diberi Pengenalan Profesi Polisi dan Pembinaan Anti-Narkoba di Polres Wonosobo

Sebuah kunjungan edukatif di Polres Wonosobo menghadirkan momen berharga bagi siswa-siswi TK Pertiwi Kertek, yang didampingi oleh para guru...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img